Memasang Bata Expose dan Bata Tempel

Bata expose menjadi sebuah konsep dinding yang banyak sekali diterapkan di rumah-rumah jaman sekarang. Seolah kembali lagi ke masa lalu di mana dinding-dinding rumah tidak diselesaikan dengan plaster dan aci namun dibiarkan terbuka begitu saja sehingga susunan batu bata akan terlihat. Tapi konsep ini justru memberi kesan klasik yang cukup unik dan menarik.

Selain menerapkan konsep susunan batu bata pembentuk dinding yang memang dibiarkan terbuka, Anda juga bisa menggunakan bata tempel. Jadi, Anda bisa menempelkan bata tempel pada dinding yang sudah siap atau sudah jadi. Keduanya sama-sama akan menghasilkan penampilan yang sama dan memberi kesan natural pada rumah Anda.

Berikut adalah cara pemasangan bata tempel atau bata ter-expose yang baik dan benar:

  1. Dipasang tanpa nat

Nat merupakan celah antara satu batu bata dengan batu bata yang lain. Untuk menghasilkan desain dinding dengan susunan batu bata yang terbuka, Anda bisa memasang batu bata tanpa nat.

  • Dipasang dengan nat tipis

Jika Anda tetap ingin menggunakan nat, maka silakan pasang batu bata dengan nat yang tipis. Ini dilakukan agar susunan batu bata terlihat lebih rapi. Dengan begitu bagian dari batu bata akan terlihat lebih mencolok dan presisi.

  • Bagian nat dibersihkan

Agar tampilan batu bata lebih menarik, Anda bisa membersihkan bagian nat. Pembersihan bagian nat juga akan membuat susunan bata terlihat lebih jelas dan alami.

  • Gunakan semen mortar

Sangat disarankan untuk menggunakan semen mortar ketika membuat dinding dengan bata terbuka. Semen mortar merupakan jenis semen yang digunakan untuk mengikat antar batu bata dan mengisi ruang antar batu bata. Namun, Anda juga bisa menggunakan semen tipe biasa.

  • Pemberian warna

Anda bisa memberikan warna pada batu bata yang terpapar. Anda bisa menggunakan warna merah dan kecokelatan pada batu bata. Namun ada juga yang menggunakan warna putih agar terlihat lebih berbeda.

Itulah tadi beberapa hal yang berhubungan dengan cara pemasangan bata expose yang benar. Jika anda menggunakan bata tempel, maka pastikan pemasangan bata dilakukan dengan hati-hati dan posisinya memang sudah presisi agar batu bata terlihat lebih rapi dan natural.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *